Friday, October 12, 2012

Pengertian dan Penemuan QUASAR adalah


Sudah diketahui secara umum kalau di pusat galaksi hampir semua galaksi ada sebuah lubang hitam bermassa besar yang sangat kuat. Tapi ternyata di beberapa galaksi, daerah pusatnya sangat terang, melebihi bagian lain dari galaksi itu. Inti yang sangat terang ini disebut sebagai inti galaksi aktif ( active galactic nuclei / AGN). Inti galaksi aktif biasanya ditemukan di pusat galaksi dimana lubang hitam bermassa super besar berada. Karena lubang hitam inilah yang jadi pembangkit energi bagi inti galaksi aktif.
 Quasar atau quasi stellar radio source merupakan inti galaksi aktif yang berada jauh dan merupakan obyek yang sangat terang, sangat energetik dan sangat kuat. Obyek ini memancarkan energi yang sangat besar. Kalau dilihat di teleskop, quasar akan tampak seperti sebuah titik yang mirip dengan bintang. Tapi ternyata titik itu bukan sebuah bintang melainkan sebuah inti galaksi yang sangat terang yang berada jauh dari kita. Dari mana kita tahu quasar ini berada sangat jauh?
Hasil pengamatan menunjukkan kalau quasar memiliki pergeseran merah yang besar sebagai efek dari memuainya alam semesta. Yang artinya jarak antara Bumi dan quasar itu akan semakin bertambah seiring dengan semakin besarnya pergeseran merah si quasar.
Quasar ditenagai oleh lubang hitam bermassa sangat besar di pusat galaksi yang mengakresi materi yang mampat di sekitarnya dan memancarkan energi gravitasi yang sangat besar.  Lubang hitam itu selalu melahap materi yang ada di sekelilinginya untuk masuk ke dalam dirinya. Seperti raksasa yang lahap memakan apapun yang ada di sekelilingnya.



Ketika lubang hitam mengakresi materi di sekitarnya, materi-materi tersebut berputar semakin cepat dan mulai memanas. Semua partikel saling bergesekan sehingga melepaskan sejumlah besar cahaya dan juga radiasi sinar X. Nah ketika materi ini kemudian dilahap oleh si lubang hitam, maka bagian kutub utara dan selatan lubang hitam akan melepaskan energi yang sangat besar yang oleh astronom disebut sebagai jet kosmik. Pernah liat pesawat jet melesat di udara? Sangat cepat dan menyisakan sebaris jejak di angkasa kan? Kira-kira seperti itulah jet kosmik. Energi yang dilepaskan melesat sangat cepat dan energinya pun sangat kuat.

Quasar sendiri tidak selalu berasal dari penggabungan galaksi, karena memang ia bukan hasil dari gabungan dua galaksi. Quasar bisa berada di galaksi apa saja yang lubang hitamnya bisa membangkitkan quasar di dalamnya. Tapi ketika dua buah galaksi bergabung, lubang hitam super masif di dalamnya memang akan membentuk quasar. Karena lubang hitam adalah pembangkit energi bagi inti galaksi aktif.
Jika quasarnya terbentuk setelah penggabungan dua galaksi itu dari galaksi galaksi apa? Nah, ini bisa dari galaksi apa saja karena semua galaksi yang punya lubang hitam dengan massa super besar bisa menghasilkan quasar.  
Diperkirakan ketika Bimasakti dan Andromeda bergabung kelak juga akan membentuk quasar.

Istilah quasar merupakan akronim dari quasi-stellar radio source. Istilah tersebut digunakan karena pada awalnya quasar ditemukan dengan menggunakan teleskop radio sebagai sebuah objek yang memancarkan gelombang radio dengan redshift tinggi. Redshift yang tinggi menunjukkan bahwa objek tersebut berjarak sangat jauh dari bumi. Sampai saat ini, quasar merupakan suatu objek langit paling jauh yang dapat diamati dan yang memiliki luminositas paling besar di alam semesta. Kemudian sejalan dengan ditemukannya objek-objek lain yang serupa dengan quasar (yang jaraknya jauh dan luminositasnya besar) namun dengan pancaran radiasi gelombang radio yang lemah, maka digunakan istilah QSO (quasi stellar object). Walaupun demikian istilah quasar masih tetap digunakan untuk menunjuk seluruh objek QSO.

Sejarah Penemuan Quasar
Penemuan quasar dimulai dalam tahun 1960-an, ketika objek-objek tersebut masih dianggap sebagai bintang. Sekitar tahun 1960, Alan Sandage dari Observatorium Mount Palomar menentukan bahwa objek-objek tersebut memancarkan sumber radio. Penyelidikkan terhadap objek-objek seperti bintang yang memancarkan gelombang radio tersebut kemudian menunjukkan bahwa spektrum dari objek-objek tersebut tidak menunjukkan spektrum-spektrum bintang.
Pada tahun 1963, Maarten Schmidt menemukan bahwa spektrum quasar 3c273 bergeser menuju bagian merah dari spektrum, seperti halnya sebuah galaksi namun dengan sangat ekstrim. Dengan kata lain bahwa quasar tersebut memiliki redshift yang besar yang berkorelasi dengan jarak yang sangat jauh dari bumi.
Pada tahun 1973 mulai diusulkan model-model quasar sebagai hasil dari aktivitas supermassive black hole. 1979 sebuah quasar ditemukan membelok akibat gravitasi dari galaksi yang berada didepannya dimana hal tersebut mengkonfirmasi teori gravitasi umum Einstein. 

Sifat Quasar
Sifat dari quasar tidak dimengerti selama beberapa dekade. Sekarang quasar diterima sebagai sebuah jenis dari galaksi aktif di mana keluaran energi besar dihasilkan dari benda yang jatuh ke lubang gelap (black hole) yang besar di pusat galaksi.

Cahaya Quasar
Quasar memiliki kecerlangan yang bervariasi setiap waktu. Kecerlangannya tersebut dapat bervariasi setiap bulan, minggu, hari, atau jam. Hal tersebut menunjukkan bahwa quasar merupakan daerah (objek) yang sangat kecil yaitu sekitar ukuran tata surya atau lebih kecil.

Spektrum Quasar
Walaupun berukuran kecil, dari analisa spektrumnya quasar tidak dapat dikatakan sebagai sebuah bintang. Pada spektrum quasar terdapat garis emisi H-alpha yang lebar.
Quasar tampak redup di bumi disebabkan oleh jaraknya yang sangat jauh. Jarak yang jauh tersebut dibuktikan dengan redshift (z) yang besar yaitu diantara 0.06 – 6.5. Redshift yang besar merupakan salah satu ciri khas dari quasar. Oleh karena jaraknya yang jauh, quasar-quasar terbentuk sejak umur alam semesta masih muda. Dengan memperhatikan kerapatan ruang quasar sepanjang waktu terlihat populasi quasar berada pada umur sekitar 12 milyar tahun.

Properti Fisis Quasar
  • Luminositas Tinggi
Quasar yang pertama kali ditemukan adalah 3C273 di rasi virgo yang merupakan salah satu quasar terdekat dengan bumi dan yang memiliki magnitudo semu tercerlang yaitu sekitar 12.8 tetapi memiliki magnitudo mutlak -26.7. Jika quasar tersebut diletakkan pada jarak 33 tahun cahaya maka quasar tersebut dapat seterang matahari. Luminositas quasar tersebut dapat mencapai 100 kali luminositas Galaksi.
  • Ukuran Objek Pengemisi Kecil
Quasar memiliki kecerlangan yang bervariasi setiap waktu. Kecerlangannya tersebut dapat bervariasi setiap bulan, minggu, hari, atau jam. Hal tersebut menunjukkan bahwa quasar merupakan daerah (objek) yang sangat kecil yaitu sekitar ukuran tata surya atau lebih kecil.
  • Spektrumnya Menunjukkan adanya Garis Emisi yang Lebar
Walaupun berukuran kecil, dari analisa spektrumnya quasar tidak dapat dikatakan sebagai sebuah bintang. Pada spektrum quasar terdapat garis emisi H-alpha yang lebar. 


                                                       spektrum sebuah bintang seperti Matahari


                                                                    spektrum sebuah QSO

  • Redshift yang Tinggi
Quasar tampak redup di bumi disebabkan oleh jaraknya yang sangat jauh. Jarak yang jauh tersebut dibuktikan dengan redshift (z) yang besar yaitu diantara 0.06 – 6.5. Redshift yang besar merupakan salah satu ciri khas dari quasar. Oleh karena jaraknya yang jauh, quasar-quasar terbentuk sejak umur alam semesta masih muda. Dengan memperhatikan kerapatan ruang quasar sepanjang waktu terlihat populasi quasar berada pada umur sekitar 12 milyar tahun.
Penghitungan jarak dengan menggunakan hubungan
d = (c/H0) * z
= 4200 megaparsecs * z
dimana d = jarak; c = kecepatan cahaya; H0 = konstanta Hubble; z = redshift berlaku hanya jika z << 1.
Untuk quasar yang memiliki z bisa lebih dari satu maka hubungan tersebut tidak dapat digunakan.

Quasar Pertama
Quasar yang pertama kali ditemukan adalah 3C273 di rasi virgo yang merupakan salah satu quasar terdekat dengan bumi dan yang memiliki magnitudo semu tercerlang yaitu sekitar 12.8 tetapi memiliki magnitudo mutlat -26.7. Jika quasar tersebut diletakkan pada jarak 33 tahun cahaya maka quasar tersebut dapat seterang matahari. Luminositas quasar tersebut dapat mencapai 100 kali luminositas Galaksi.


Tim astronomi dunia baru-baru ini telah menemukan quasar (quasi-stellar radio source) dengan objek yang sangat terang, berjarak 13 milyar tahun cahaya untuk mencapai bumi. Penemuan ini merupakan penemuan Quasar yang terjauh. Quasar sebelumnya ditemukan berjarak hanya kurang lebih 870 juta tahun. Quasar yang terakhir ditemukan ini memiliki besaran mencapai 2 milyar kali lebih besar dibanding Matahari. Mengenai bagaimana quasar bisa tumbuh begitu besar sampai saat ini masih menjadi misteri dalam alam semesta ini. Penemuan ini, seperti yang dirilis dalam Nature Journal, tampak begitu bercahaya, dan penemuan ini akan dapat sebagai bahan yang penting untuk mempelajari Ledakan besar (Big Bang) yang diyakini menciptakan alam semesta 13,7 milyar tahun yang lalu.
Bentuk quasar baru ini menyerupai lidah cahaya yang memutar dan diberi nama J1120 0641, dan telah didentifikasi dengan menggunakan teleskop inframerah buatan Inggris. Pengambilan quasar ini dilakukan di puncak Mauna Kea, Hawaii. Daniel Mortlock, pimpinan ekspedisi penelitian ini adalah seorang antariksawan Imperial College, London.
Sampai dengan saat telah banyak ditemukan quasar-quasar yang sangat jauh jaraknya. Ratusan ribu quasar telah ditemukan. Sebagian besar penemuan quasar tersebut dilakukan oleh Sloan Digital Sky Survey (SDSS). Data terakhir SDSS mencapai 120.000 quasar, belum termasuk penemuan quasar terakhir ini.

 

 sumber : http://www.langitselatan.com ( diakses 12 oktober 2012)
          maulana,erwin.2011.Pengertian Quarsar. (online) http://ermala.wordpress.com/2011/03/10/quasar/
          ( diakses 12 oktober 2012)

 


0 comments:

Post a Comment